BAGAIMANA CARA MEMBUAT WEBSITE

19.24 Unknown 0 Comments

Related image

jasa pembuatan website company profile - Artikel/tutorial berikut ini yaitu untuk pemula atau orang yang baru belajar mengenai situs. Artikel ini tidak ditujukkan pada webmaster/webdesigner/webdeveloper yang telah memiliki pengalaman dan telah pakar pada bagian situs dan webdesign.

Berikut tips dan trick pada rekan-rekan untuk pembuatan situs. Cara/langkah berikut adalah cara menurut saya sesuai pengalaman. Cekidot gan!!

1. PERSIAPKAN DOMAIN NAME

Apakah itu domain name? domain name yaitu nama unik atau alamat yang didapatkan untuk mengidentifikasi server. domain name juga sering dikatakan sebagai URL atau alamat situs. Contoh domain name yaitu ‘adisthana. com‘. Anjuran untuk penentuan domain name :

  • Cocokkan nama domain dengan situs yang juga akan kamu buat. Contoh yang salah : nama domain misalnnya gwbolabanget. com, isi situs mengulas pilpres dan politik (ini gak nyambung banget, jadi janganlah ditiru) 
  • Pilihlah domain yang mudah diingat 
  • Pilih nama domain yang menarik 
  • dan lain2 

Terdapat beberapa sekali situs penyedia jasa domain name yang menyebar di internet. Kamu dapat pilih salah satu. Setelah memastikan domain name, saat ini kita buat persiapan hostingnya.

2. WEB HOSTING

Apakah itu Situs Hosting? Situs hosting dalam bhs simpel yaitu tempat untuk menaruh isi/file dari situs. File dapat berupa script, gambar, audio, video dan lain-lain. Situs Hosting Provider pun banyak juga ada di internet. Kamu dapat cocokkan periode waktu dan besar space hosting sesuai sama kepentingan kamu. Bila kamu tetap dalam step belajar dan beberapa cobalah, saya anjurkan pakai gratis dahulu saja. Dapat search di google dengan kata kunci (keyword) : “Free situs hosting” atau “Web Hosting Free” atau “Web Hosting Gratis”

3. WEB BUILDER

Situs Builder di sini yaitu alat/tool yang juga akan kita pakai dalam membuat situs. Jadi alternatif kita dapat memakai CMS open source yang ada seperti wordpress, joomla, magento dan lain-lain. Pemakaian semasing CMS bergantung dari type situs yang juga akan di buat. Terkecuali mudah dipahami dengan UI (User Interface), kamu juga tidaklah perlu mengerti mengenai bhs pemrograman (untuk pemula). Ingat, semasing CMS memiliki keunggulan dan kekurangan semasing. Manfaatkanlah sesuai sama kepentingan kamu. Pada setiap CMS juga akan terdapat backend (administrator ruang) dan frontend (ruang yang juga akan diliat pengunjung situs). Pada backend berikut kamu dapat beberapa ubah kontent situs seenak kamu.

Lihat juga : harga jasa pembuatan website

4. WEB DESIGN

Bagian ini yaitu bagian yang paling seru karena kita juga akan memastikan design apa yang juga akan kita pakai pada situs kita. Design situs sangat memengaruhi traffic pada situs.
Bila kamu memakai CMS Open Source pasti themes gratis nya akan tersedia banyak di internet. Cocokkan themes dengan calon pengunjung situs. Contoh bila situs bertopik ‘Remaja’ pilih warna yang ramai di bagian header, untuk mencirikan suatu hal yang berani dan semangat. Gunakalah beberapa warna seperti merah kuning hijau dan lain-lain. Pokoknya agar semangat hehehe!!! Janganlah lupa meletakkan slideshow pada halaman depan/homepage situs. Janganlah lupa juga berikan logo pada situs kamu. Letakkan logo di bagian header agar mudah diliat dan diingat.

0 komentar: