CARA MENYEMIR SEPATU KULIT YANG BENAR AGAR MENGKILAP

23.58 Unknown 0 Comments

Cara Menyemir Sepatu Kulit

Diantara beberapa type sepatu pria yang biasa kita gunakan keseharian, sepatu memiliki bahan basic kulit adalah salah satunya yang sangat umum kita gunakan. Dikit berlainan dengan type sepatu lainnya, sepatu kulit butuh disemir sesudah beberapa lama supaya tidak pucat serta sirna warnanya.

Tehnik menyemir sepatu pun tidak dapat dikerjakan asal-asalan gan. Jika salah semir, yang ada sepatu kulit lo dapat cepat rusak atau justru berkerut. Oleh karenanya, di tulisan kesempatan ini Mas Kulin akan coba menuturkan cara-cara menyemir sepatu kulit yang benar dan membuat sepatu lo masih awet. Baca selalu ke bawah ya.

Perlengkapan yang Bisa Dipakai untuk Menyemir Sepatu
Sebelum kita masuk ke triknya, ada banyak perlengkapan untuk menyemir sepatu yang butuh lo buat persiapan terlebih dulu. Di bawah ini beberapa alat serta peralatan yang dapat lo pakai untuk menyemir model sepatu safety perempuan kulit:

1. Kertas Koran Sisa
Pekerjaan menyemir sepatu juga bakal tinggalkan noda-noda di sekelilingnya. Janganlah kerjakan pekerjaan ini diatas lantai ya gan. Sediakan kertas koran sisa atau kertas sisa yang lain yang ukurannya cukup besar menjadi alas.

2. Semir Sepatu
Semir sepatu mempunyai beberapa jenis warna. Pilih yang sama dengan warna sepatu lo (hitam, coklat), atau pakai yang warna netral. Semir sepatu bisa ditukar dengan bahan alami (akan di uraikan dibagian akhir). Akan tetapi, pergantian ini cuma berbentuk sesaat saja jika memang tidak sudah sempat untuk beli semir baru waktu semir lo habis.

3. Sikat Gigi Sisa atau Sikat Rambut Kuda
Alat yang umum dipakai untuk menyikat sepatu waktu menyemir ialah sikat gigi sisa untuk ruang yang cukup tersembunyi. Sikat semir yang terkadang jadikan bonus waktu lo beli semir sepatu pun pasti dapat dipakai. Diluar itu, sikat rambut kuda (horsehair brush) yang mempunyai bulu panjang serta lembut dapat juga lo pakai untuk menyemir sekaligus juga bersihkan bekas semiran.

4. Kain Sisa Tiada Serat
Kain sisa dipakai untuk membubuhkan semir atau jadi pilihan sikat untuk menyemir. Pakai kain tiada serat supaya tidak memunculkan gesekan yang justru menggurat sepatu. Jika ingin yang bagus, lo dapat memakai kain chamois. Jika tidak, kain yang umum dipakai ialah kain katun.

Langkah Menyemir Sepatu Kulit yang Benar
Telah siap dengan beberapa perlengkapan menyemir sepatu? Nah saat ini kita mulai dengan selangkah untuk menyemir sepatu kulit dengan benar. Jika lo sangsi, lo dapat coba beberapa langkah tersebut pada sepatu kulit yang telah lama lo punya dibanding dengan yang masih tetap baru untuk fasilitas ‘latihan menyemir’.

Oh ya, menyemir sepatu biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Mas Kulin anjurkan lo menyemir sepatu pada saat cukup senggang, seperti akhir minggu atau sepulang kerja.

1. Membersihkan Sepatu Kulit
Sebelum mulai menyemir sepatu, lo butuh bersihkan dahulu sepatu lo. Lo dapat pakai sikat gigi sisa untuk bersihkan tanah atau kotoran yang melekat di celah sol sepatu serta sisi lainnya yang susah dijangkau, lantas pakai sikat rambut kuda untuk bersihkan keseluruhnya sepatu.

Bila sepatu lo betul-betul dalam kondisi kotor, gunakanlah kain sisa yang lembab untuk menggosok sepatu lo. Yakinkan supaya sepatu lo bersih, lantas diamkan sesaat sampai kering. Sepatu lo sekarang siap untuk disemir.

2. Tambahkan serta Gosok dengan Semir Sepatu
Sebelumnya, terlepas tali sepatu bila type sepatu lo mempunyai tali supaya terlepas dari semir. Berikan kain sisa (atau langsung bisa pakai sikat) dengan semir sepatu serta kerjakan gosokan melingkar kecil di sepatu. Kerjakan ini dengan rata sampai menutupi semua ruang luar sepatu (termasuk juga sol sepatu). Pakai sikat untuk menggosok semua ruang dengan kuat supaya semir dapat lebih meresap ke kulit sepatu.

Janganlah lupa untuk memakai sikat gigi sisa supaya lo dapat mencapai ruang yang susah dijangkau. Contohnya, ruang sol sepatu yang tidak bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Yakinkan supaya semua ruang luar sepatu digosok dengan rata.

3. Keringkan Sesaat serta Semir Lagi
Keringkan sepatu lewat cara didiamkan (bukan dijemur!) atau di taruh di dekat kipas angin. Wajarnya, sepatu akan kering dalam tempo 20 sampai 30 menit. Sekalian menanti kering, kerjakan proses penyemiran untuk belahan sepatu yang satu kembali.

Saat telah kering, lihat apa warna sepatu telah bagus atau masih tetap ada yang pucat. Kerjakan proses yang sama juga dengan point 2 bila lo terasa mesti menyemir kembali serta teruskan kembali ke proses pengeringan. Ulangilah langkah 2 serta 3 ini sampai sampai tingkat warna yang cocok.

4. Membersihkan Bekas Semir Sepatu serta Keringkan
Bila sepatu telah kering serta lo telah senang, gunakanlah sikat kembali untuk bersihkan bekas semir yang menumpuk. Janganlah takut untuk memberikan desakan yang cukup kuat, sebab ini akan membuat semir makin gampang menyerap ke kulit sepatu.

Tuntas lakukan semua langkah diatas, simpan sepatu lo dalam tempat yang terlepas dari cahaya matahari langsung. Sangat amannya, lo dapat simpan di rack sepatu lo langsung.

Langkah Membuat Sepatu Kulit Mengkilap dengan Benar

Beberapa langkah yang diterangkan diatas cukup sudah untuk bikin sepatu kulit lo terlihat seperti baru. Akan tetapi, sepatu lo belumlah pasti akan tampak super kinclong. Di bawah ini ada banyak panduan penambahan yang dapat lo kerjakan bila sepatu lo belum juga tampak mengkilap sesudah minimum 2x disemir.

1. Pakai Kain Lembut
Kain memang berbentuk opsional dalam proses menyemir sepatu sebab lo dapat seutuhnya memakai sikat (sikat gigi sisa serta sikat rambut kuda) untuk membubuhkan serta menyemir sepatu lo. Akan tetapi, sepatu malah lebih gampang mengkilap bila lo mempersiapkan kain lembut tiada serat yang diterangkan di awalnya. Gosok semir satu arah (kiri ke kanan) dengan kain itu dengan kuat.

2. Pakai Air
Langkah memakai air untuk meningkatkan kilap sepatu cukuplah gampang dikerjakan, akan tetapi peluang lo butuh lakukan seringkali lapis semiran. Sesudah semiran pertama tuntas, semprotkan dikit air serta gosokkan dengan rata ke semua ruang luar sepatu. Sesudah itu, pakai kain tiada serat yang dicelup air hangat untuk lakukan semiran ke-2. Ulangilah proses ini sampai sepatu tampak mengkilap. Cara ini diketahui dengan nama spit-spine.

3. Pakai Api
Langkah tersebut sebetulnya dikit beresiko, jadi kerjakan dengan begitu berhati-hati. Panasi semir saat beberapa menit (pakai pemantik api) sampai cukup meleleh serta lengket. Kerjakan langkah yang sama juga dengan point awal mulanya, akan tetapi pakai lelehan semir untuk mengimplementasikan semiran ke-2.

Sesudah lelehan semir telah diterapkan dengan rata, pakai api untuk memanaskan permukaan sepatu (jagalah jarak supaya sepatu tidak terbakar!) dengan rata. Semir akan tampak meleleh serta basah. Keringkan lantas gosok satu kali lagi dengan semir sepatu biasa memakai kain tiada serat. Sepatu lo semakin lebih tampak mengkilap seperti kaca.

0 komentar: