Tips Membuat Postingan Blog Lebih SEO Friendly

18.11 Unknown 0 Comments

Related image

jasa pembuatan website profesional - Untuk blogger yang telah jago atau memiliki pengalaman, mungkin telah tidak asing dengan yang namanya SEO. Karena saya masih tetap pemula, jadi masih tetap belajar juga sedikit-demi sedikit. Nah untuk yang masih tetap bingung dengan apakah itu SEO, itu yaitu singkatan dari Search Engine Optimization. Sederhananya, SEO yaitu cara yang bisa kita kerjakan untuk buat situs (blog) atau tulisan kita lebih friendly pada mesin pencari seperti Google, Yahoo dan kawan-kawannya.

Problemnya, walau terlihat sederhana tapi SEO tidak sesederhana yang terlihat. Terutama untuk mesin pencari Google. Algoritma dari mesin pencari nomor satu didunia itu senantiasa berkembang dan berinovasi, hingga cara SEO juga jadi abu-abu. Saya lupa dimana saya menaruh filenya, tapi saya sempat memperoleh file pdf mengenai tips SEO mudah dari pdf yang di buat oleh Google sendiri. Nah, saat ini saya juga akan coba menuliskan beberapa tips yang masih tetap saya ingat itu.

Peletakan Kata kunci (keyword) Dengan Tepat 
Dari setiap tulisan yang kita buat, pasti ada keyword atau kata kunci (keyword) yang kita bidik. Nah untuk buat tulisan kita menarik di mata mesin pencari, kita harus dapat meletakkan kata kunci (keyword) tersebut di tempat yang tepat. Untuk blogger yang memiliki pengalaman, mereka sangat merekomendasikan peletakkan kata kunci (keyword) pada nama domain. Umpamanya kamu buat situs (blog) mengenai rumah, maka domainnya dinamakan rumahsaya. com atau mengenairumah. com.

Tetapi untuk situs (blog) gado-gado atau personal seperti iKurniawan. com ini pasti hal tersebut telah gugur. Tetapi bukanlah bermakna saya tidak dapat buat tulisan dengan SEO di dalamnya. Cara beda yaitu dengan memakai judul tulisan yang meletakkan kata kunci (keyword) di dalamnya. Umpamanya saya ingin buat tulisan mengenai rumah minimalis, mungkin saya berikan judul : Inspirasi Desain Rumah Minimalis. Dengan langkah tersebut, kita juga telah penuhi prasyarat penambahan yang lain yakni meletakkan kata kunci (keyword) pada post url. Karena url tulisan saya pasti juga akan lebih kurang jadi : ikurniawan. com/ide-rumah-minimalis-dua-lantai.

Pakai Title, Heading, Subheadings dan Deskripsi 
Saat buat tulisan, upayakan untuk menempatkan satu keyword pada title dan subheadings. Dan upayakan juga untuk meletakkan keyword yang tidak sama pada semasing bagian. Bila bhs beberapa expert barusan, gunakan kata kunci (keyword) turunan atau long-tail kata kunci (keyword). Umpamanya pada title atau heading saya buat judulnya : Inspirasi Desain Rumah Minimalis, maka pada subheadings (atau barangkali h2) saya juga akan memakai : Inspirasi Desain Rumah Minimalis Dua Lantai.

Optimasikan Gambar Pada Postingan 
Bila tulisan yang kita buat juga terdaftar gambar pendukung, maka pastikan untuk meletakkan kata kunci (keyword) pada nama gambar dan “alt tag” pada gambar itu. Dari sisi pencarian oleh mesin pencari, ketika ada yang mencari : gambar rumah minimalis, maka gambar dengan nama file rumah-minimalis. jpeg atau rumah-minimalis-keren. jpeg semakin lebih mudah keluar dibanding dsc_0069. jpeg.

Diluar itu, pakai juga alt tag yang sesuai pada properties gambar. Biasanya untuk situs (blog) dengan basis blogger atau wordpress, kamu dapat temukan kolom alt name untuk di isi saat memasukkan gambar kedalam tulisan. Untuk alt tag sendiri, agar tidak bingung samakan saja dengan nama gambar kita.

Link Dalam Postingan 
Sering kita meletakkan link dalam tulisan kita untuk mensupport isi dari tulisan. Hal tersebut tak ada kelirunya, malah sangat baik. Hanya saja pastikan link yang kita masukan itu yaitu link yang baik dan terpercaya. Pemakaian link keluar yang baik yaitu yang menuju beberapa website dengan reputasi baik di mata mesin pencari. Misalnya mungkin Wikipedia, YouTube atau sosial media seperti Facebook dan Instagram. Dasarnya sich website dengan reputasi baik atau barangkali authority site yang baik. Jauhi berikan link ke beberapa website terlarang yang dibenci mesin pencari atau Google. Tidak perlu saya katakan macamnya, saya rasa kita keduanya sama memahami saja.

Diluar itu, janganlah lupa juga untuk meletakkan link ke tulisan kamu yang lain yang memiliki topik sama. Contoh kamu memiliki tulisan A, tulisan B dan tulisan C yang keduanya sama mengulas mengenai rumah. Maka ‘selipkan’ satu link ke tulisan A dan atau tulisan C dalam tulisan B yang tengah kamu buat. Janganlah lupa pakai juga keyword yang sesuai sama tulisan A atau C itu.

Nah, itu beberapa tips buat tulisan situs (blog) yang lebih SEO friendly agar lebih baik di mata mesin pencari. Tapi dari semuanya, yang paling penting sudah pasti artikel yang berkwalitas, unik dan bukanlah hasil copy-paste. Memang sich saya belum juga ekspert, tapi tulisan ini saya bikin agar kita keduanya sama belajar saja. Mudah-mudahan berguna ya!

0 komentar: