9 Trend SEO 2018 – Apa dan Bagaimana Menghadapinya untuk Blogger

18.09 Unknown 0 Comments

Related image

APA SIH TREND SEO 2018 UNTUK BLOGGER INDONESIA?

jasa pembuatan website murah - Terdapat beberapa tren yang perlu di perhatikan, terlebih berkaitan perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Google jadi mesin pencari nomor satu didunia. Paling tidak ada 9 tren SEO 2017 yang dapat anda simak dan amati, seperti berikut :

1. MOBILE AKAN JADI RAJA
Perubahan tehnologi jadi salah satu aspek dalam hal semacam ini, penambahan pemakai telepon genggam juga memengaruhi perubahan dengan kata lain tren SEO 2017 kelak. Terlebih setelah Google menginformasikan MobileGeddon kalau Mobile Friendly yaitu kewajiban.

Cobalah deh check, berapakah traffic situs (blog) anda saat ini yang datang dari mobile? Tak tahu itu smartphone maupun tablet. Adakah penambahan sampai kini? Karenanya, anda harus check saat ini, apakah mobile version situs (blog) anda telah jalan baik atau tidak.

2. AMP MULAI DIPERHATIKAN
AMP? Apa sekali lagi itu? AMP yaitu Accelerated Mobile Pages – sebuah projek yang telah digelindingkan oleh Google th. kemarin. Maksud dari project ini yaitu untuk tingkatkan kecepatan dalam akses website atau situs (blog) memakai handphone. Untuk pemakai wordpress self hosted, mengaplikasikan AMP lebih mudah karena tinggal install plugin AMP dari Automatic.

Sedang bila di blogspot, pastinya harus bermain dalam script anda. Berikut ini contoh AMP telah mulai berpengaruh, screen shot dari Moz ini tunjukkan kalau AMP Pages telah keluar di SERP.

Ada satu hal yang perlu di perhatikan oleh Blogger Indonesia yang memakai situs (blog) untuk hasilkan uang dengan iklan seperti Adsense saat mengaplikasikan AMP ini. Iklan-iklan telah banyak disupport oleh Google untuk AMP Page. Tapi kita harus setting ulang iklan kita untuk dapat menghadirkan iklannya.

3. KENAIKAN VOICE SEARCH
Rupanya… perubahan pencarian telah tak akan dengan mengetik kata kunci (keyword) yang kita kehendaki. Tapi telah mulai memakai nada. Dalam perkiraannya, Search Engine Journal menuliskan bila perbaikan terus-terusan untuk SIRI (pemakai iphone), Google Now (Android user) dan Cortana (Microsoft) juga tunjukkan tanda-tanda penambahan voice search.

Saya sendiri masih tetap belum juga terlalu memahami memakai voice search dalam situs (blog) agar tetaplah memperoleh traffic dari pencarian itu. Masih tetap harus mencari informasi sekali lagi untuk hal semacam ini.

4. FOKUS PADA LOKAL
Dalam memastikan kata kunci (keyword), sampai kini kita mengetahui long tailed kata kunci (keyword), yang mana tetaplah efisien (baca di nomor 7 dibawah), tapi… perubahan lebih merasa yaitu pemakaiaan lokal. Bila kita melakukan kata kunci (keyword) research, kita harus lebih memerhatikan lokal search. Hal semacam ini sangat bagus diaplikasikan di tulisan traveling dan kuliner.

Lokal disini juga berarti dalam pengertian : Bila anda menulis mengenai obyek wisata di Bandung dari Jakarta (IP Address), meskipun situs (blog) anda bagus dan banyak dilirik (authority), mungkin juga akan kalah dengan yang menulis dari Bandung. Terdapat beberapa digital marketers yang memakai ini dengan memakai IP Address sesuai sama daerah.

5. LONG CONTENT MASIH DILIRIK?
Rupanya, algoritma mesin pencari makin pandai dan salah satu tren SEO 2017 yang disebut-sebut yaitu kalau long kontent – tulisan dengan jumlah kata 1. 000 kata lebih juga akan mulai ditinggalkan.

Dengan Catatan….. Iya, dengan catatan besar dan penting loh. Long form juga akan ditinggalkan bila misalnya tulisan panjang itu tidak berikan value added. Bila mesin pencari temukan artikel beda yang lebih padat dan berisi sama juga dengan di long form itu, dia semakin lebih menimbulkan artikel padat itu di halaman satu Google atau mesin pencari.

Untuk beberapa blogger Indonesia, dengan catatan sesuai sama itu, anda dapat ambil kesempatan jadi nomor satu dan memperoleh traffic seandainya anda dapat buat content yang berkwalitas dengan jumlah kata yang sedikit.

6. VIDEO MENANG MELAWAN GAMBAR…. JADI?
Well, seperti perkiraan oleh beberapa influencer Indonesia yang dituliskan oleh Mbak Lusi Tris, video memang jadi primadona baru didunia digital. Sebaiknya bila memang anda memiliki passion dalam buat video, anda perdalam deh buat video yang bagus itu. Tapi… buat yang tidak sukai buat video, seperti saya ini, tidak usah cemas.

Google tunjukkan bila gambar masih tetap jadi visual content yang bisa hasilkan traffic situs (blog) dan tetaplah jadi aspek penting kok. Kok dapat? Well, tanda-tandanya dapat diliat dari investasi Google di Moodstock – website penyedia gambar.

Yang perlu di perhatikan oleh Blogger Indonesia dari Tren SEO 2017 ini yaitu untuk tingkatkan visual content dan belajar buat video dan infografic maupun memakai gambar yang bagus untuk situs (blog) post.

7. LONG TAILED KEYWORD MASIH LEBIH BAIK
Banget… long tailed kata kunci (keyword) masih tetap lebih baik dibanding single kata kunci (keyword). Paling tidak saya bila googling tentu gunakan kalimat panjang bukannya satu kata doang. Nah… tren SEO 2017 juga masih tetap tunjukkan ini kok. Long tailed kata kunci (keyword) masih tetap berpengaruh dan digunakan. Tetapi, ada satu yang perlu di perhatikan.

Personalisasi. Fikirkan kata kunci (keyword) yang memang di cari atau dipakai oleh pembaca situs (blog) anda. Misalnya anda menulis masalah hotel. Apa sich yang di cari oleh orang. Maksud mereka mencari apa? Mungkin memakai kata kunci (keyword) hotel murah dan nyaman di Jakarta Barat. Bila kita pakai kata kunci (keyword) ini, maksud dari pencari yaitu memperoleh daftar hotel yang murah dengan maksud dapat memesannya.

Bila kita menulis review hotel di situs (blog) kita, kita dapat kembangkan review hotel itu dengan kata kunci (keyword) diatas dan memberikan keyakinan bila memang hotel itu layak untuk dipesan dan cantumkan juga info pemesanannya dan harga.

Intent – Kata kunci (keyword) intent. Dengan rankbrain, mesin pencari saat ini lebih pandai membaca maksud seorang memasukkan kata kunci (keyword). Nah berikut yang perlu kita kembangkan. Cobalah saja googling hotel murah di Jakarta, rata-rata juga akan keluar beberapa website pemesanan hotel dibagian atas.

Untuk Blogger Indonesia, hadapi tren SEO yang ini, anda dapat lebih konsentrasi pada apa yang anda tuliskan. Upayakan memang yang di cari oleh pembaca. Fikirkan kurang lebih bila pembaca mencari kata kunci (keyword) apa itu sich yang di cari. Dan beri info yang diperlukan dalam tulisan itu.

8. PERSONAL BRANDING JADI SANGAT PENTING
Sangat-sangat penting saat ini yaitu personal branding. Dalam beberapa artikel masalah tren SEO 2017 yang saya baca, di Moz, SEJ, dan yang lain, rata-rata mengatakan bila personal branding is the new SEO. Kalau mesin pencari juga meletakkan website atau situs (blog) yang diakui banyaknya orang di tempat atas pencarian mereka karena hal branding ini.

Selalu bagaimana dong?

Well, yang dapat dilakukan oleh kita, Blogger Indonesia yaitu tingkatkan personal branding kita jadi blogger. Saya sendiri sempat bicara dengan salah satu brand dan salah satu agency yang mencari blogger, menurut mereka, yang akan datang lebih mencari blogger khusus. Hal semacam ini juga yang buat saya kecewa pada diri saya di personal situs (blog) saya – karena personal branding saya kelihatannya tidak masuk banget.

Memang bila bicara masalah personal branding agak repot dan panjang – mungkin terpisah saja kelak ya. Dasarnya yaitu hadapi tren SEO 2017 yang ini, kita jadi Blogger Indonesia harus mulai meningkatkan branding kita dengan lebih baik. Bila ingin miliki branding nyinyir juga bisa sih… 😀

9. BING IS THE NEXT BIG THING
Bukanlah karena Google di Indonesia sendiri tengah alami problem masalah pajak dan banyak yang menuntut untuk tutup akses Google. Tapi, sebenarnya yaitu kalau Bing sendiri melakukan perbaikan diri dari sekian waktu jadi mesin pencari. Dan Bing saat ini jadi backbone atau mesin pencari yang dipakai oleh Siri, Yahoo dan Alexa.

Untuk di perhatikan oleh Blogger Indonesia untuk tren SEO 2017 yang satu ini yaitu untuk selekasnya mendaftarkan situs (blog) anda ke Bing Webmaster dan memerhatikan hasil crawling situs (blog) anda. Bila ada error 404, janganlah lupa untuk selekasnya dibenahi.

0 komentar: